Senin, 07 April 2014

Eva: Ustadzah Cinta Ketiban Cinta (Review)



Judul: Eva: Ustadzah Cinta Ketiban Cinta
Penulis: Achi TM
Penerbit: Erlangga
ISBN:  9786022415237
Tebal: 540 hlm
Ukuran: 11.0 cm x 17.7 cm
Cetakan ke: satu (September 2013)

Berkali-kali lamaran kerjanya ditolak, akhirnya Eva berwirausaha Biro Jodoh Islami. Menyamar menjadi seorang ‘Ustadzah Cinta’ agar lebih meyakinkan dan mendapat citra yang bergengsi. Penyamarannya sebagai ustadzah cinta sangat bertolak belakang dengan kehidupan asli Eva yang urakan, berpakaian seksi, vokalis band metal, rambut berwarna pink, dan tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang agama.

Mengubah seseorang menjadi salihah tidak semudah membalikkan telapak tangan. Karena ini berhubungan dengan hidayah. (hal. 367)

Untungnya ada Samira, Shinta dan Lili, ketiga sahabat itu selalu mendampingi Eva. Mendukung perubahan Eva kearah lebih baik, agar mengubah penampilannya dengan istikamah, bukan karena ingin menyamar sebagai ustadzah cinta semata.

Salah satu hal yang bisa membuat dia tetap semangat untuk berubah adalah dukungan para sahabatnya. Sahabat yang selalu membimbing dia pada jalan kebenaran. Persahabatan yang nyaman, tulus, dan agak datar. (hal. 366) 

Tapi bukanlah hal yang mudah untuk berubah. Kadang Eva merasa berat untuk menjalani kepribadian gandanya, termasuk membohongi perasaannya sendiri terhadap Fatih, seorang pebisnis muda yang tampan dan saleh yang sedang mencari pasangan di biro jodohnya.

cinta itu nggak seperti pohon singkong yang gampang ditanam dan gampang dicabut. Cinta itu harus ditanam kuat, akarnya harus bisa mencengkeram isi hati yang terdalam. (hal. 168)

Juga hubungan Eva dan keluarganya yang buruk. Ayah yang meremehkan, ibu tiri serta kakak tiri yang suka menindas, semakin membuat berat keinginannya untuk berubah.

Ibarat sebuah novel, kehidupan akan melewati lembaran-lembaran selanjutnya. Sang tokoh akan senantiasa menebak-nebak seperti apa akhir hidupnya dalam kisah yang ditulis Sang Khalik. (hal. 422)

Akankah Samira, Shinta dan Lili berhasil meyakinkan Eva agar istikamah mempelajari agama agar menjadi manusia yang lebih baik?

Bagaimana akhir dari cerita Eva dan Fatih? Sedangkan ada seorang wanita bernama Nur yang ternyata adalah tunangan Fatih?

Percayalah, kamu tidak akan kecewa dengan buku ini. Walaupun ditemukan beberapa typo:
  1. Mengarah ke Samaira dan Lili. (hal. 2)
  2. jadi nggaK bisa sembunyiin (hal. 306)
  3. yang mau keluar kefe. (hal 369)
Acung dua jempol buat buku cetakan pertama dan hampir tanpa cela. Beberapa typo diatas, masih wajar ditolerir. Sangat direkomendasikan buat kamu yang tengah rindu bacaan fiksi islami yang berkualitas, tidak menggurui dan tidak kaku.

Apalagi ini buku berseri, serial pertama dari tetralogi ‘Hijabers Talk’. Berikut keunggulannya:
  1. Penulisnya sangat terkenal di kalangan para penulis buku, sinetron, dan Film Television (FTV)
  2. Ceritanya menarik karena mengangkat seputar remaja muslimah yang sedang mencari identitas jati dirinya sebagai seorang muslimah yang sempurna (kafah).
  3. Gaya penulisannya menarik, luwes, dikemas dengan cerita romantic commedy, dan sangat menghibur
  4. Novel ini berlatar belakang lokal atau keindonesiaan, sehingga memungkinkan akan memiliki kedekatan emosi dengan pembaca.
*******
Serial Hijabers Talk adalah kisah empat perempuan cantik yang baru saja memutuskan memakai jilbab. Setelah mereka memakai jilbab, ada saja kejadian-kejadian unik yang mewarnai kehidupan mereka.
Mereka adalah Samira, seorang penulis buku anak dan juga seorang pendongeng. Shinta, pecinta jengkol jebolan sebuah universitas di amrik yang bekerja di bidang desain grafis. Eva, pengangguran yang suka memakai baju dengan gaya aneh dan warnanya nabrak, ngomong suka ceplas-ceplos. Lili cewek yang polos, lulusan pesantren, belum pernah pacaran, hobi minum susu dan menjilat lollipop, kadang-kadang tulalit.

Kisah mereka selalu dimulai dengan adegan duduk bersama di kafe dan mendengarkan salah satu dari mereka curhat. Dengan kalimat pembuka: “Girls, cewek-cewek muslimah yang tangguh, Kalian harus dengar cerita gue yang satu ini…”

*****

Info Penulis:
Achi TM adalah seorang perempuan berusia 28 tahun yang memutuskan untuk berkarir di dunia kepenulisan. Sudah banyak cerpen dan novel yang telah diterbitkan, juga aktif menulis ratusan skenario sinetron dan FTV. Ia juga mendirikan Lembaga Pengembangan Talenta RUMAH PENA bersama suaminya Agung Argopo. Buku Seri Hijabers Talk ( Tetralogi): Eva - Ustadzah Cinta Ketiban Cinta adalah buku seri pertama yang ia buat.

Ayo, segera berburu bukunya di toko buku terdekat atau bisa mengunjungi toko buku online ya…

Happy Hunting and Happy Reading…. 


4 komentar:

  1. Belum pernah baca novelnya. Tapi kayaknya seru juga ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bangeeeet... ^_^

      Jangan lupa dibaca ya...

      Recommended... ^_^

      Hapus

Terimakasih sudah mampir, mari tinggalkan jejak disini... ^_^

Mohon untuk berkomentar memakai ID blogger atau "Nama+URL". Jika tak punya blog, dapat mengisi URL dengan URL facebook/twitter.

Tunggu kunjungan balikku ya... :D

Perhatian!!! Komentar dengan menyertakan link aktif langsung aku hapus :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...