Sabtu, 05 Juli 2014

Refrain


Judul: Refrain (Saat Cinta Selalu Pulang)
Penulis: Winna Efendi
Penerbit: GagasMedia
ISBN: 9797803627
Tebal Buku: 318 halaman
Genre: Romance

Aku baru tahu covernya yang asli sekiyut ini. Beberapa waktu lalu berhasil minjem buku ini dari seorang tetangga yang juga minjem sama temen sekolahnya (artinya, saya tangan ketiga), dan aku nggak bangga. ^_^ *hehehee...*

Mirisnya lagi, halaman depan--beberapa lembar setelah sampul--hilang, entah robek atau apa.. :( jadi aku nggak bisa liat buku ini udah cetakan yang ke berapa. Tapi cukup senang akhirnya bisa baca juga. Kenalan juga sama salah satu karya Winna Efendi yang akhir-akhir ini banyak diperbincangkan di dunia maya. Karena buku ‘Refrain’ ini berhasil diangkat ke layar lebar. Kereeeeen…:)

Buat yang udah pernah nonton film-nya, yang diperankan oleh si tampan, Afgan dan si manis, Maudy Ayunda, ceritanya nggak beda jauh kok. Walaupun novelnya lebih lengkap ya. Jadi buku ini recommended banget, meski kamu udah nonton film-nya berkali-kali, aku jamin sensasinya beda. Menceritakan kisah yang klise, persahabatan dua anak manusia yang berubah jadi cinta. Tapi dikemas dengan apik dengan konflik yang sesuai dengan kondisi remaja dan nggak menya-menye.

“Gak ada persahabatan yang sempurna di dunia ini. Yang ada hanya orang-orang yang sebisa mungkin untuk mempertahankannya.” (hlm. 244)


Adalah Niki dan Nata, bersahabat sejak kecil hingga akhirnya benih-benih rasa mulai tumbuh di hati Nata. Berusaha keras Nata menyembunyikan perasaannya, menikmati sendiri rasa sayang untuk sahabatnya itu. Hingga akhirnya Niki bertemu seseorang yang menjadi pacar pertamanya, Nata tetap menahan diri. Bahkan ketika Anelise datang, melengkapi persahabatan mereka, tapi ternyata diam-diam menyukai Nata.

“Persahabatan bukan didasari oleh gender, usia, motif, atau apapun itu. Persahabatan yang tulus gak harus punya alasan.” (hlm. 262-263)

Ending antara Nata dan Niki udah pasti ketebak ya kalo ngerasa udah nonton film ‘Refrain’, tapi aku tetep nggak mau spoiler. Pokoknya harus baca buku ini kalo mau tahu apa aja yang perbedaan film dan bukunya. Kalo aku disuruh milih, aku lebih suka bukunya. :) Bukan karena aku nggak ngehargai para pembuat film ini, aku sadar kok kalo mau sama persis sama bukunya, nanti orang nggak penasaran lagi dong.

Kalo aja cuma nonton film tanpa pernah baca buku, salut banget sama siapapun yang ada di balik layar maupun acting para tokohnya. Tapi, kalo udah baca bukunya, akan ngerasa lengkap.

Nemu sedikit typo disini:
  1. Bagaikan menghipnosis (hlm. 16) 
  2. dDia menyusuri (hlm. 39) 
Padahal kayaknya aku baca cetakan terbaru loh, soalnya kaver buku yang aku baca bukan amplop biru, tapi gambar Afgan dan Maudy.

Ini buku Romance yang recommended banget. Mengajarkan tentang arti persahabatan, keluarga, cinta dan cita-cita.

2 komentar:

Terimakasih sudah mampir, mari tinggalkan jejak disini... ^_^

Mohon untuk berkomentar memakai ID blogger atau "Nama+URL". Jika tak punya blog, dapat mengisi URL dengan URL facebook/twitter.

Tunggu kunjungan balikku ya... :D

Perhatian!!! Komentar dengan menyertakan link aktif langsung aku hapus :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...